UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE DRILL DI KELAS IV MI AL-MA’ARIF KEBUMEN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

perpusptk.blogspot.com merupakan blog sarana untuk berbagi ilmu tentang penelitian tindakan kelas (ptk). perpusptk.blogspot.com berbagi tentang kumpulan ptk lengkap, mulai dari ptk matematika, ptk ipa, ptk ips, ptk bahasa indonesia, ptk bahasa inggris, ptk pkn, dll.
kali ini perpusptk.blogpot.com berbagi ptk ips yang berjudul : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE DRILL DI KELAS IV MI AL-MA’ARIF KEBUMEN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010.
dibawah ini adalah abtrak dari judul diatas.

ABSTRAK
Kata Kunci: meningkatkan prestasi belajar siswa, metode drill
Untuk melatih siswa berpikir dan bertindak secara mandiri dan kreatif dalam proses belajar mengajar, maka perlu lebih banyak digunakan metode yang banyak menimbulkan aktivitas berpikir siswa, sebagai variasi metode ceramah. Akan tetapi kenyataan di lapangan metode ceramah masih mendominasi proses belajar mengajar sehari-hari. Untuk mengubah kecenderungan penerapan metode ceramah saja, di sekolah perlu dilakukan penelitian tindakan yaitu dengan metode drill atau latihan. Permasalahan yang muncul adalah apakah metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV semester 2 MI al-Ma’arif Kebumen tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode driil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dapat dihentikan apabila hasilnya meningkat dibandingkan dengan hasil pembelajaran sebelum menggunakan metode ini. Adapun siklus yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengisi lembar obsevasi guru dan siswa oleh peneliti dan dari soal-soal evaluasi, baik pre-test, ulangan akhir siklus I, ulangan akhir siklus II dan ulangan akhir siklus III. Data yang diperoleh dianalisis dan hasilnya sebagai bahan kajian untuk refleksi serta sebagai pedoman untuk melaksanakan langkah-langkah tindakan selanjutnya agar metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kesimpulan akhir menunjukkan bahwa pada mata pelajaran IPS, metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar setiap siklus, yaitu siklus I (49%), siklus II (67%) dan siklus III (85%).


semoga kumpulan ptk ips ini bermanfaat untuk sahabat guru semua.

0 komentar:

Posting Komentar