UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MI AL-MA’ARIF KEBUMEN TAHUN 2009/2010

Halo sahabat perpusptk.blogspot.com berjumpa lagi dengan perpusptk, blog yang berisi kumpulan ptk lengkap, ptk ipa, ptk ips, ptk matematika, dll. Kali ini perpus akan berbagi contoh ptk pelajaran ipa yang berjudul : UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MI AL-MA’ARIF KEBUMEN TAHUN 2009/2010.
contoh ptk ipa ini di ambil dari skirpsi muhammad khoirul umam.dan berikut abstraknya.
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa upaya untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Al-Ma’arif Kebumen. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di MI Kebumen, Banyubiru, Kab. Semarang tahun 2009/2010?, (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas IV dalam mengikuti pembelajaran IPA di MI Kebumen, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang tahun 2009/2010?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi penelitian tindakan kelas (research). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam penggunaan metode demonstrasi mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan sifat bahan dan penggunaan bahan menurut sifatnya yaitu rata-rata keaktifan siswa pada siklus I (46,79%) dikategorikan kurang aktif pada siklus II (51,28%) mengalami kenaikan meskipun dalam kategori sama yaitu kurang aktif dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan kategori aktif (73,07%). Penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi pokok sifat bahan dan penggunaan bahan menurut sifatnya. Rata-rata kelas pada siklus I dikategorikan cukup (66,41%) pada siklus II mengalami peningkatan angka rata-rata kelas dengan kategori baik (70,76%) sedangkan pada siklus III rata-rata kelas juga dikategorikan baik (78,84%).

contoh ptk lengkapnya dapat didownload disini: download ptk ipa.
Semoga contoh ptk ipa diatas bermanfaat untuk sahabat perpus semua.

artikel terkait :

0 komentar:

Posting Komentar